Selamat Datang DidyErvano'Blog's

Saturday, December 18, 2010

Pentingnya Minum Air Putih

Sebuah studi dari Purdue Univeristy mengungkapkan sesuatu yang para ahli diet telah dengungkan sejak dulu, yaitu makanan yang kita konsumsi akan memberikan asupan air yang banyak. Bahkan satu irisan roti tawar saja mengandung 1 ¾ sendok teh air.

Akan menjadi masalah kalau kita mulai melupakan keharusan untuk minum 8 gelas air putih setiap harinya. Apalagi jika kita dengan bebas menarik kesimpulan, hanya minum saat haus. Toh, kita masih bisa mendapatkan sisanya dari makanan yang kita konsumsi.

Jika hanya menunggu sinyal haus muncul, kadang kala saat deadline pekerjaan tengah antri untuk dipenuhi, kita sering kali mengabaikan sinyal itu. Lebih bijak, jika kita tetap menerapkan aturan 8 gelas air putih per hari. Bukan sebagai sebuah keharusan, namun gunakan sebagai alat pengingat agar kita memperoleh asupan air yang cukup untuk menyeimbangkan air yang kita dapat dari makanan.

Kebiasaan ini akan memberikan kita bonus, yaitu melibas tuntas 6 masalah kesehatan kita, seperti...

1. Urinary tract infections (UTI) atau infeksi saluran kencing. Karena bagi para penderita UTI kronis, mereka akan mengalami penurunan frekuensi pengeluaran urin dalam beberapa hari secara terus menerus, ujar Mary Jane Minkin ginekolog dari Yale University School of Medicine.

2. Batu ginjal. Jika kita memiliki kecenderungan mempunyai batu ginjal, meminum cairan dalam jumlah yang cukup dapat membuat kita buang air kecil setidaknya 2 liter urin setiap hari, demikian saran the National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK). Dan, meminum 8 gelas air putih setiap hari merupakan langkah awal yang baik.

3. Kanker kandung kemih. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyatakan, siapa yang meminum 6-8 gelas air putih setiap hari, dapat menurunkan risiko terkena kanker kandung kemih hingga 50%.

4. Kanker usus besar. Asupan air yang banyak juga dihubungkan pada penurunan 45% risiko kanker usus besar pada wanita (Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, July 1996).

5. Kegemukan. Memberikan tubuh asupan air putih yang pasti bebas lemak sepanjang hari yang cukup akan membantu kita tetap merasa “kenyang” dan mampu menghidari kebiasaan mengemil, jelas Michele Stanten, Editor Fitness dari Prevention.

6. Sembelit. Dengan meminum 6-8 gelas air putih per hari, kita bisa mencegah terjadinya sembelit dengan membuat “kotoran” kita tetap halus, jelas Dr. Minkin.


Sumber : preventionindonesia

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More