Selamat Datang DidyErvano'Blog's

Sunday, November 24, 2013

Pengertian ClockWorkMod Recovery Atau CWM di Android

ClockWorkMod (CWM) Recovery adalah recovery mode yg dikustomisasi dan fungsi tambahan seperti backup/restore, instalasi dan lain-lain.Bagi para pengguna smartphone android yang suka mengganti kustom rom, pasti sangat paham dengan fungsi vital CWM.

Ada beberapa fungsi vital dimana CWM sangat dibutuhkan. Saat ini CWM dalam perkembangannya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa juga untuk memasang themes, atau modifikasi lainnya.

Tapi, dari semuanya, ada 2 Fungsi utama yang paling banyak digunakan yaitu:

Backup

Nandroid backup berfungsi untuk membackup sistem smartphone, internal memori dan partisi. Nandroid backup disimpan dalam sd card. Hasil backup nandroid berupa folder dengan nama sesuai waktu saat melakukan backup.

Restore

Restore adalah mengembalikan kondisi smartphone sesuai kondisi saat kita backup. Jika kita bisa punya beberapa backup dengan versi rom yg berbeda-beda dengan aplikasi yg berbeda-beda pula.
Cara melakukan restore sangat mudah tinggal pilih menu restore, dan pilih file backup yang sudah ada di SD card. Setelah instalasi selesai, maka smartphone android kita bisa kembali seperti saat kita melakukan back up.

0 comments:

Post a Comment